Judul : Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017
link : Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017
Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017
Selamat pagi adik yang pintar. Mumpung kali ini kakak punya waktu longgar, maka kakak gunakan untuk berbagi tentang Bedah Kisi-kisi US/M IPA Tahun 2017. Rencana kakak, Insyaallah akan saya beri contoh tiap indikator, sehingga adik mudah untuk belajarnya. Yang jelas setiap soal ada levelnya sendiri-sendiri. Jadi sering-sering mampir kesini ya, karena tiap hari kakak update. Kakak tidak bisa update lebih dari 5 postingan sehari takut akun kakak dibaned oleh google. dikiranya yang posting robot. Lebih lengkapnya. Silahkan perhatikan tabel di bawah ini!
A. Kisi-Kisi Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI
1. Ilmu Pengethuan Alam SD/MI
No. | Materi | Indikator | Alamat Unduhan |
1. | Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan | Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. | |
Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. | |||
Menentukan dasar pengelompokan hewan. | |||
Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. | |||
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. | |||
2. | Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem | Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. | |
Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. | |||
Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. | |||
Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. | |||
Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). | |||
Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. | Unduh di sini | ||
3. | Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup | Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan. | |
Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. | |||
Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya. | |||
Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. | Unduh di sini | ||
Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. | |||
4. | Pelestarian lingkungan | Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah. | Unduh di sini |
Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan. | Unduh di sini | ||
5. | Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya | Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. | Unduh di sini |
Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia. | Unduh di sini | ||
6. | Daur hidup beberapa hewan | Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram. | |
Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi. | |||
7. | Rangka manusia | Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini |
Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar. | Unduh di sini | ||
8. | Sistem organ pada manusia | Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya. | Unduh di sini |
Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu . | Unduh di sini | ||
9. | Sifat benda | Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel. | Unduh di sini |
10. | Perubahan benda | Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. | Unduh di sini |
Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). | Unduh di sini | ||
11. | Gaya dan gerak | Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. | |
Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda. | |||
12. | Bentuk energi dan perubahannya | Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. | Unduh di sini | ||
Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. | Unduh di sini | ||
Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. | Unduh di sini | ||
13. | Suhu dan kalor | Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. | Unduh di sini |
Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar | Unduh di sini | ||
Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. | Unduh di sini | ||
Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. | Unduh di sini | ||
14. | Bunyi dan cahaya | Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. | Unduh di sini |
Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). | Unduh di sini | ||
Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/ gambar. | Unduh di sini | ||
15. | Listrik dan magnet | Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar. | Unduh di sini |
Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar. | Unduh di sini | ||
16. | Sumber daya alam | Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui. | Unduh di sini | ||
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan. | Unduh di sini | ||
17. | Daur air | Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar. | Unduh di sini |
Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. | Unduh di sini | ||
18. | Sistem tata surya | Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari. | Unduh di sini |
Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. | Unduh di sini | ||
Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya. | |||
Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya. | |||
Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah. | |||
Untuk mengunduh soal komplitnya sesuai dengan kisi-kisi di atas, klik tautan di bawah ini
Sekian dulu pembahasan kakak mengenai Bedah Kisi-Kisi US/M IPA SD TP. 2016/2017. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Kakak tunggu kunjungan berikutnya. Sering-sering mampir ke sini ya dik. Terima kasih.
Sekian dulu Artikel Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017
Sekianlah artikel Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017 kali ini,semoga bisa memberi manfaat untuk teman teman semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya, dan terimakasih telah membaca.
Anda sekarang membaca artikel Bedah Kisi-Kisi Ujian Sekolah IPA SD Tahun 2017 dengan alamat link https://soal-soalsekolahku.blogspot.com/2017/02/bedah-kisi-kisi-ujian-sekolah-ipa-sd.html