Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1)

Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1) - Halo haloo Pecinta Game Kembali Lagi Bersam Kami SOAL SEKOLAH, Pada Artikel yang kami share kali ini dengan judul Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1), kali ini kami akan membagikan game - game yang tentunya free untuk kalian semua dengan kategori Pada Artikel Bedah Kisi-kisi, yang kami posting ini semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. baiklah langsung saja, selamat menikmati.

Judul : Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1)
link : Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1)

Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1)

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Selamat pagi adik-adik yang pintar. Pada kesempatan kali ini Kakak akan mengajak adik-adik membedah kisi-kisi UN Matematika SD untuk tahun pelajaran 2016/20017. Pada kesempatan pagi ini kita akan membahas Bab. Bilangan dengan Indikator sebagai berikut:
  1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).
  2. Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya.
  3. Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)
  4. Menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan bulat (positif dan negatif)
  5. Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan bulat.

Langsung saja kita bahas satu per satu indikator di atas.

1. Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah (minimal tiga angka).

Sebelum kita membahas indikator di atas, kita harus memiliki kemampuan prasyarat yang harus dikuasai yaitu mengerti aturan pengerjaan operasi hitung cmpuran;

Penjumlahan dan pengurangan :
  • Jika ada operasi dalam tanda kurung dikerjakan terlebih dahulu.
  • Jika hanya terdapat operasi penjumlahan dan pengurangan, pengerjaannya urut dari depan.
  • Biasanya anak mengerjakan dengan teknik bersusun, maka harus diperhatikan teknik meminjam dan menyimpan saat menjumlah ataupun mengurang.

Contoh soal:

1. Hasil dari 216 + 264 - 268 = . . . .
a. 72
b. 88
c. 212
d. 288

Pembahasan:
216 + 264 - 268  = . . .
    480       - 268  = 212

2. Suhu udara di Puncak Gunung Everest -10 derajat celcius. Sedangkan suhu udara di gurun Gobi 48 derajat celcius. Maka selisih suhu kedua tempat tersebut adalah . . . . derajat celsius.
a. -38
b. 38
c. 42
d. 58

Pembahasan;
Selisih = Suhu Gurun Gobi - Suhu Puncak Gunung Everest
            = 48 - (-10)
            = 48  + 10 = 58 derajat celcius.

Nb: cari selisih ( yang besar - yang kecil )

3. Seekor burung camar terbang pada ketinggian 12 meter di atas permukaan air laut. Tepat di bawahnya ada ikan hiu berenang pada kedalaman 32 meter. maka jarak burung camar tersebut dengan ikan hiu adalah . . . meter.
a. 10
b. 20
c. 34
d. 44

Pembahasan:
Jarak burung-ikan hiu = letak camar - ikan hiu
                                    = 32  -  (-12)
                                    = 32  +  12
                                    = 44

Jadi jarak burung camar dengan ikan hiu adalah 44 meter.

Sampai di sini dulu pembahasan kita tentang Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1). Semoga materi indikator yang kita bedah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita. Selamat belajar semoga sukses menempuh UN Tahun ini.

Walaikum salam wr. wb




Sekian dulu Artikel Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1)

Sekianlah artikel Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1) kali ini,semoga bisa memberi manfaat untuk teman teman semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya, dan terimakasih telah membaca.

Anda sekarang membaca artikel Bedah Kisi-Kisi UN Matematika SD Bab. Bilangan (1) dengan alamat link http://soal-soalsekolahku.blogspot.com/2017/01/bedah-kisi-kisi-un-matematika-sd-bab.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »